Langsung ke konten utama

Install Ulang Perangkat MikroTik Dengan Netinstall




Bosan, Iseng? Install ulang routerboard yok!! Selain mereset konfigurasi menggunakan hard dan soft reset. Kita bisa mereset semua konfigurasi menggunakan cara install ulang loh. Penasaran cara install ulangnya? Berikut informasiinya.

Persiapan Termasuk Persiapan Mental

Pertama siapkan alat-alat yang diperlukan dulu seperti netinstall bisa didownload di website mikrotik, routerboard (sudah pastilah), paket-paket mikrotik (boleh versi terbaru atau lama) yang pasti sesuai dengan arsitektur routerboard anda dan terakhir, keberanian untuk menginstall ulang. Oh iya, hati-hati loh dalam menginstall ulang. Bisa-bisa kalau salah pilih drive C atau data D anda yang hilang. 

Atur Booting Lewat Ether

Sebelum menginstall ulang, kita harus mengubah pengaturan bootingnya agar booting melalui ether, ubah pengaturan booting bisa melalui menu system > Routerboard. Lalu klik setting dan ubah boot devicenya menjadi try ethernet once then nand. 

Pindahkan Kabel Ke Port 1 (POE)

Setelah itu, pindahkan kabel ethernet yang terhubung ke port 1 routerboard (POE).
 

Atur Ip Di Client

Karena router nantinya akan kita hard reset saat mendeteksi perangkat di netinstall, maka seluruh konfigurasi akan menjadi default pabrik. Sehingga ip router juga akan menjadi default. Jadi, ip yang harus disetting pada PC adalah ip yang satu network dengan ip default pabrik tersebut. Masih ingat ip default RB? Untuk lebih jelasnya, silahkan konfigurasi ip pada laptop seperti ini.
  • Ip Address : 192.168.88.5
  • Netmask : 255.255.255.0

Setting Net Booting di Netinstall

Lalu buka netinstallnya. Ingat! Jangan sampai salah tekan. Ikuti instruksi maka anda akan baik-baik saja. Klik pada netbooting lalu masukan address si router dengan menceklist boot server enabled. Lalu klik ok

Mendekteksi Perangkat MikroTik di Netinstall

Setelah pengaturan booting dan memasukan ip port 1 routerboard pada netbooting. Sekarang tinggal, mendeteksi si routerboard pada netinstall. Untuk mendeteksinya gunakan cara hard reset. Selesai hard reset, dipastikan akan muncul identitas si router pada netinstall dengan mac addressnya dengan status ready.  

Mencari Letak File Paket

Lalu cari letak paket-paket yang sudah didownload. Tapi tetap si routerboard masih yang dikonfigurasi (tetap pilih yang routerboard jangan yang drive diatasnya). Maka paket yang dipilih akan muncul pada jendela paket-paket. 

 Menginstall RB Dengan Paket-Paketnya

Selanjutnya, jika paket sudah masuk. Masih tetap routerboard yang dipilih, klik select all lalu klik install. 


Maka proses instalasi akan berjalan seperti biasanya. Dengan ini paket-paket yang terpilih tadi akan masuk kedalam sistem mikrotik.
 

Jika sudah selesai, routerboard akan meminta restart, klik ok. Setelah restart coba lihat konfigurasi-konfigurasinya lagi. Maka semua konfigurasi akan terhapus dan otomatis tereset ulang. Terimakasih sudah berkunjung, serta jngan lupa komentar yaa dan sampai jumpa di pembahasan lainnya ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 16 Level Bahasa pemrograman

Level Bahasa pemrograman Bahasa pemrograman adalah notasi yang digunakan untuk menulis program (komputer). Bahasa ini dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu : bahasa mesin, bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi.  Bahasa mesin (machine language) berupa microinstruction atau hardwire. Programnya sangat panjang dan sulit dipahami. Di samping itu sangat tergantung pada arsitektur mesin. Keunggulannya adalah prosesnya sangat cepat dan tidak perlu interpreter atau penterjemah.  Bahasa tingkat rendah (low level language) berupa macroinstruction (assembly). Seperti halnya bahasa mesin, bahasa tingkat rendah tergantung pada arsitektur mesin. Programnya panjang dan sulit dipahami walaupun prosesnya cepat. Jenis bahasa tingkat ini perlu penterjemah berupa assembler.  Bahasa tingkat tinggi (high level language) menyerupai struktur bahasa manusia sehingga mudah dipahami. Bahasa ini tidak tergantung pada arsitektur mesin tetapi memerlukan penterjemah berupa compiler atau in

Cara Blok Situs di Mikrotik paling ampuh

Cara Blok Situs di Mikrotik Paling Ampuh Assalamualaikum wr.wb  ketemu lagi dengan saya, salam sehat teman2... disini saya akan memberi tutorial untuk memblok situs pada mikrotik. Apa sih kegunaan blok situs itu sendiri?? kegunaannya ini untuk memanajemen jaringan kita agar tidak disalah gunakan orang yang tidak bertanggungjawab, misalnya saja ingin buka situs porno atau lain sebagainya.. Okee, kita masuk ke tahap tutorialnya langsung... Langkah pertama yang diperlukan..... --> buka mikrotik --> ip --> firewall --> mangle 1. kita masuk ke pengaturan firewall, di tab mangle add saja, dan isi chain nya prerouting. 2. Kedua, tambahkan di tab advanced di baris content isi nama situs yang akan kita blok, misal saya ingin ngeblok situs youtube  3. Lalu, pindah ke tab action dan isi dengan mark-connection dan new mark-connection diisi terserah anda, karena ini hanya penamaan saja. Jangan lupa passtrough dicentang. 4. Jika sudah klik OK, s

REDISTRIBUTE ROUTING DINAMIS

REDISTRIBUTE ROUTING DINAMIS Hallooo, kita bertemu lagi denganku. sekarang aku mau bahas materi redistribute nih.. langsung aja yuk... pertama 1. buatlah topologi seperti ini 2. Beri IP disemua device terlebih dulu, setelah itu kita langsung masuk ke konfigurasi inti redistribute routing dinamis ini. Kali ini aku pake eigrp dan ospf yaaa. kita konfig eigrp di Router0 seperti di bawah ini 3. Lalu kita masuk Router1 dan konfigurasi sesuai dengan topologi. Naahhh!! disini kan titik temu antara routing eigrp dengan ospf jadi kita konfigurasi redistribute nya di sini.. Cek aja deh di konfigku di bawah ini... 4. Jikaa sudah, kita masuk ke Router2 dan konfigurasi ospf 12 area 0. Kita lihat aja deh gambar di bawah! 5. Sekarang saatnya ujicobaa deh.. jika berhasil, semua PC bisa terhubung saling ping.. Okeee... Sekian dulu yaaa.. terima kasih sudah mampir. Jika belum mengerti bisa tanya tanya dikomentar